Berita

Dari Dapur Daring: Distribusi Pesanan Masyarakat Makin Cepat Sampai Tujuan

Alhamdulillah….

Setelah melewati hari-hari super padat, harus lembur dan tanpa libur, kami akhirnya bisa mengirimkan sebagian besar pesanan pembelian secara online kepada pelanggan (customer) pada hari yang sama.

Saat mendapatkan amanat untuk mempersiapkan model penjualan kebutuhan sembako kepada masyarakat secara online untuk mendukung imbauan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan lebih banyak tinggal di rumah, kami hanya memiliki waktu tidak lebih dari dua minggu sampai dengan kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Bunda Khofifah Indar Parawansa, 21 April 2020.

Dari berbagai referensi yang ada, kelaziman untuk mempersiapkan sebuah aplikasi e-commerce level basic, waktu yang dibutuhkan minimal sekitar 2-3 bulan, ditambah dengan sosialisasi dan trial sekitar 1-2 minggu. Maka, sangatlah wajar ketika penjualan secara online mulai dioperasionalkan, banyak kelemahan yang membuat pelayanan kami kepada konsumen kurang bisa mengimbangi dan memuaskan antusiasme masyarakat.

Pada hari pertama dibuka, website kami: www.lumbungpanganjatim.com  mendapatkan kunjungan 38.240 pengunjung dengan 152.410 halaman yang diakses. Pada hari yang sama, ada 725 pemesanan yang dilakukan oleh masyarakat, meski yang menindaklanjuti pemesanan dengan melakukan pembayaran, hanya sekitar 289 transaksi atau 40% dari yang melakukan pemesanan.

Sebagian besar pemesan yang telah membayar juga tidak memenuhi petunjuk transaksi untuk mengirimkan bukti pembayaran disertai nomor pemesanan kepada kami sebagai konfirmasi. Maka, kami yang kemudian harus menelusuri satu per satu untuk mencocokkan pemesanan dan pembayaran yang masuk di rekening bank kami. Itulah kenapa kemudian banyak pemesanan yang mengalami penundaan pengiriman.

Setelah terus-menerus melakukan upaya perbaikan, kami bersyukur akhirnya bisa menyelesaikan hampir semua pemesanan yang telah masuk. Bahkan dalam tiga hari terakhir ini, kami bisa menyelesaikan proses pengiriman pemesanan pada hari yang sama. Karena makin banyak pemesan yang melakukan pemesanan sesuai petunjuk yang tertera dalam website kami, pengiriman yang tertunda prosesnya hanya terhadap yang barangnya lagi kosong dan masih menunggu pengadaan baru.

Disamping percepatan layanan pengiriman, kami juga telah melakukan perluasan wilayah pengiriman pesanan, meliputi Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik (di luar wilayah kepulauan Bawean dan Kec. Ujung Pangkah) dan ada fasilitas free (gratis) ongkos kirim (ongkir). Sebelumnya, fasilitas gratis atau free ongkir, hanya kami berikan kepada pelanggan di wilayah Surabaya dan daerah perbataan.

Semoga apa yang kami lakukan bisa memenuhi harapan pemerintah dan masyarakat, agar selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik), masyarakat bisa lebih banyak tinggal di rumah.

Data di dapur layanan daring menunjukkan, sejak dibuka 21 April 2020 hingga sesi penutupan, Minggu (10/5/2020) hari ini penjualan secara online telah membukukan transaksi sebesar Rp 167.609.807. Nilai transaksi itu dihimpun dari 1.473 order dari total 6.169 item produk. Sementara rata-rata nilai transaksi per order tercatat Rp 113.778.

Sementara khusus transaksi Minggu hari ini, transaksi yang masuk tercatat sebesar Rp 21.550.545 yang terhimpun dari 162 order dan 777 item produk, dengan rata-rata Rp 133.082 per order. Dibanding sehari sebelumnya yang tercatat Rp 18.491.996 (160 order), transaksi Minggu hari ini mengalami kenaikan sebesar 17%.  

Utuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, masyarakat Surabaya Raya bisa melakukan pemesanan lewat website:  www.lumbungpanganjatim.com.

Barakallah. (*)