Berita

Lumbung Pangan Jadi Etalase Beras di Jawa Timur

LUMBUNGPANGANJATIM.COM – Keragaman jenis dan merek beras yang ditawarkan di Lumbung Pangan Jatim menjadi pilihan sangat menarik bagi konsumen di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo). Beras yang ditawarkan dalam program penjualan sembako murah ini memiliki kualifikasi beras medium maupun premium, bahkan ada merek yang menawarkan dengan label beras super.

Di anjungan Lumbung Pangan Jatim yang digelar di Jatim Expo (JX) Surabaya, Jl. A. Yani ini, berbagai jenis dan merek beras disiapkan dalam kemasan 5 kg, 10 kg, dan 25 kg, dengan harga bervariasi mulai Rp 45.000 – Rp 59.000 untuk kemasan 5 kg. Sedangkan untuk  kemasan 10 kg harganya berkisar Rp 100.000 – Rp 118.000 dan Rp 261.400 untuk kemasan 25 kg.

“Asal beras juga beragam, dari sentra-sentra produsen atau petani yang tersebar di berbagai daerah di Jatim. Di antaranya dari Jember, Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Kediri,” ujar Koordinator Program Lumbung Pangan Jatim, Erlangga Satriagung, di JX Surabaya, pekan lalu.

Dengan keragaman tersebut, lanjut Erlangga, Lumbung Pangan Jatim bisa dikatakan sebagai etalase beras produk Jawa Timur. Di sisi lain, konsumen dimanjakan dengan banyaknya pilihan jenis dan kualitas beras, hargan, termasuk  asal daerah produksi yang membuat masing-masing merek memiliki karakter yang khas.

Disamping banyaknya pilihan,  harga yang harus dibayarkan oleh konsumen relatif sangat murah, karena masing-masing vendor yang memasok beras di Lumbung Pangan Jatim memberikan harga terbaik. Hal ini agar produk mereka kompetitif di tengah banyaknya pilihan. Dengan demikian, hal itu akan menarik minat konsumen untuk membeli.

“Ini suatu situasi belanja yang  mungkin tidak pernah ditemui di tempat belanja lain, selain di Lumbung Pangan Jatim,” tandasnya.

Ia menambahkan, sistem penjualan produk Lumbung Pangan Jatim kini terbagi menjadi empat model layanan penjualan. Keempatnya adalah penjualan langsung di gedung JX Surabaya, penjualan secara online lewat website: www.lumbungpanganjatim.com, penjualan secara drive thru, dan layanan secara COD (cash on delivery).

Selain itu kini masyarakat di wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo juga bisa menikmati layanan belanja sembako murah dengan gratis biaya pengiriman (free ongkir).


“Masyarakat Gresik dan Kabupaten Sidoarjo bisa belanja melalui online dan barang belanjaan akan dikirim ke tempat tujuan dengan tanpa ditarik biaya pengiriman. Kami kerja
sama dengan PT Pos Indonesia untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Direktur Utama PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim ini mengatakan, biaya pengiriman itu ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jatim melalui subsidi yang diberikan untuk memudahkan masyarakat. Pola ini dilakukan dengan harapan, masyarakat tak perlu lagi belanja dengan cara bertatap muka, dan juga penerapan physical distancing di tengah pandemi Covid-19 bisa terlaksana.

“Gagasan perluasan jangkauan layanan ini merupakan tanggapan dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi,” jelasnya.

Sebelumnya, program gratis ongkir hanya diberlakukan bagi pelanggan yang jaraknya maksimal 20 kilometer dari gedung JX. Namun nyatanya cukup banyak warga masyarakat yang melakukan pemesanan, namun jaraknya lebih dari 20 kilometer. Karena itu, pengelola menambah cakupan wilayah layanan dengan memasukkan wilayah Gresik (kecuali kepulauan Bawean dan Kec. Ujung Pangkah) dan Sidoarjo juga menikmati bebas ongkir. (sto)