Home » Resep » Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak

Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak

Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak – Bumbu Bali adalah racikan bumbu ajaib yang bisa dibuat dalam 10 menit (Base Genep). Perpaduan bumbu dan rempah yang baru digiling, pasta rempah Bali ini berfungsi sebagai bumbu dasar untuk masakan Indonesia favorit Anda seperti Nasi Goreng dan Sate Lilit.

Ada sesuatu tentang membuat kari dari awal yang membuat Anda merasa yakin bahwa mereka akan dikemas dengan rasa yang lezat.

Karena Pasta Rempah Bali ini sangat serbaguna, ada baiknya untuk membuat sejumlah besar terlebih dahulu dan menggunakannya sebagai bahan dasar untuk berbagai resep sepanjang minggu.

Apa itu Bumbu Bali (Bese Genep) dan bagaimana cara membuatnya?

Bumbu Bali, juga dikenal sebagai base gede atau bese genep, adalah bumbu Bali yang diterjemahkan sebagai “bumbu lengkap” atau “bumbu besar”. Tidak mengherankan jika Bumbu Bali mengisi hidangan Anda dengan rasa dan tekstur yang berani, berkat kombinasi dari semua rasa dan tekstur yang sangat lezat.

Kami menginap di Puri Taman Sari di jantung Tabanan, Bali, di mana kami belajar cara membuat Bumbu Bali bersama Chef Lole dan Bagus, yang juga siap membantu. Setiap bahan digiling dengan tangan di cobek (mortir dan alu Indonesia) sampai berubah menjadi pasta bumbu kuning-oranye yang cerah.

Sebelum kami mulai memasak, bau semua bahan segar itu sudah membuat mulut kami berair.

Cobek memberikan begitu banyak hiburan sehingga Bagus dan temannya menawarkan untuk membawa kami ke pasar malam Mengwi sehingga kami dapat membeli set sendiri untuk dibawa pulang bersama kami. Meskipun batu vulkanik yang berat itu memiliki berat satu metrik ton, kami dapat memasukkan semuanya ke dalam ransel kami dengan banyak ruang kosong!

Yang Dibutuhkan untuk Membuat Bumbu Bali

Sebagian besar bahan harus tersedia di supermarket lokal Anda, pasar produk segar, dan/atau toko bahan makanan Asia jika Anda cukup beruntung memilikinya di dekat Anda, tergantung di mana Anda tinggal. Jika itu tidak berhasil, Anda selalu dapat mencoba mencarinya secara online atau mengganti bahan-bahan segar dengan bahan kering atau bubuk bila perlu.

Bahan Utama Resep Bumbu Bali

1. Kemiri

Kemiri – Kami dapat menemukannya di toko bahan makanan Asia lokal kami di Australia, tetapi jika Anda kesulitan menemukannya, makadamia dapat digunakan sebagai pengganti. Meskipun teksturnya akan serupa, rasanya tidak akan sama persis. Apapun, mereka akan melakukan pekerjaan yang sangat baik.

2. Jahe

Jahe – Meskipun kami menggunakan jahe segar dalam resep ini, lengkuas kecil dan kencur (lengkuas besar) secara tradisional digunakan dalam resep ini. Meskipun keduanya sangat mirip dalam penampilan jahe dan kunyit segar, lebih sedikit lengkuas dan kencur segar dapat ditemukan di toko bahan makanan lokal Asia kami, tetapi kencur segar tidak (lengkuas besar). Jika Anda bisa mendapatkannya, gantilah dengan jahe.

3. Terasi Udang

Terasi udang, juga dikenal sebagai belacan atau terasi, adalah makanan pokok dalam masakan Asia Tenggara dan tersedia dalam berbagai varietas.

Sementara terasi (seperti yang dikenal di Indonesia) dan belacan (seperti yang dikenal di Malaysia) dapat ditemukan dalam bentuk pasta basah dan kering, itu adalah varietas kering yang paling sering ditemukan dalam masakan Indonesia.

Terasi adalah rempah-rempah asli Indonesia dan Malaysia. Terasi adalah terasi kering yang telah difermentasi selama beberapa minggu setelah dicampur dengan garam. Terasi biasanya dijual dalam bentuk balok-balok kecil dan dipotong-potong.

Meskipun baunya… tajam, ia menambahkan tendangan umami yang fantastis pada kreasi Anda yang dapat dimakan saat digunakan dalam jumlah kecil. Tempat terbaik untuk mendapatkan terasi adalah dari toko kelontong Asia atau dari internet.

4. Rempah Wewangen

Rempah Wewangen – Ini adalah campuran merica, biji ketumbar, dan pala yang biasa ditemukan dalam campuran rempah-rempah Wewangen. Kami telah memisahkan mereka dalam resep kami di bawah ini karena mereka sulit didapat dalam satu paket di luar Indonesia.


Tips Membuat Bumbu Bali

  1. Blend – Jika Anda memiliki blender, Anda dapat menyiapkan hidangan ini dalam hitungan menit.
  2. Simpan pasta bumbu di lemari es hingga 2 minggu atau bekukan dalam wadah kedap udara hingga 2 bulan sebelum digunakan. Jika Anda membiarkan pasta terlalu lama, rasa dan kesegarannya akan mulai memudar.
  3. Sebagai aturan umum, gunakan 1 sendok makan pasta rempah untuk setiap 100g / 3,5oz daging (ayam, babi, dll.), kecuali dinyatakan lain.
  4. Untuk rasa ekstra aromatik, goreng pasta dengan 1-2 sendok makan sayuran dan 2 daun salam (juga dikenal sebagai daun salam) selama beberapa menit dengan api besar, sampai pasta harum. Setelah campuran mendingin, pindahkan ke wadah kedap udara dan simpan di lemari es.

Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak

Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali

Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak

Lumbung Pangan Jatim
Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak – Bumbu Bali adalah racikan bumbu ajaib yang bisa dibuat dalam 10 menit (Base Genep). Perpaduan bumbu dan rempah yang baru digiling, pasta rempah Bali ini berfungsi sebagai bumbu dasar untuk masakan Indonesia favorit Anda seperti Nasi Goreng dan Sate Lilit.
Ada sesuatu tentang membuat kari dari awal yang membuat Anda merasa yakin bahwa mereka akan dikemas dengan rasa yang lezat.
5 dari 1 vote
Prep Time 15 mins
Cook Time 30 mins
Course Side Dish
Cuisine Indonesian
Servings 4 Porsi
Calories 270 kcal

Equipment

  • Wajan
  • Kompor

Ingredients
  

Bahan Utama Bumbu Bali

  • 8 butir telur ayam direbus, kupas kulitnya, goreng hingga kulit luarnya matang
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 300 ml air bersih yang sudah matang
  • 2 sdm Kecap Manis
  • 4 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • sdt merica putih bubuk
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  • 1 sdt terasi dibakar
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 10 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah
  • 1 buah tomat

Instructions
 

  • Dengan menggunakan alu atau cobek, haluskan semuanya (bawang putih, jahe, bawang merah, kemiri (jika menggunakan), cabai (jika menggunakan), kunyit bubuk (jika menggunakan), garam, ketumbar (jika menggunakan), merica (jika menggunakan), cengkeh (jika menggunakan), pala (jika menggunakan), dan terasi (jika menggunakan).
    Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali
  • Alih-alih mengerahkan upaya berlebihan untuk mendorong atau menggiling bahan-bahan Anda, biarkan berat alu/cobek melakukan keajaibannya.
    Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali
  • Lanjutkan untuk mencampur sampai semua bahan segar Anda menyatu untuk membentuk pasta yang halus.
    Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali
  • Untuk membuat saus, campur semua bahan dalam food processor hingga tercampur rata (bawang putih, jahe, bawang merah, kemiri, cabai, kunyit bubuk, garam, ketumbar, merica, cengkeh, pala, dan terasi).
    Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali
  • Terserah Anda apakah Anda ingin berbaur menjadi pasta yang halus atau tidak.
    Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali
  • Jika perlu, sedikit air atau minyak dapat ditambahkan untuk mencegah bahan menempel di tepi dan untuk mencapai konsistensi halus yang bagus.
    Resep Bumbu Bali Cara Membuat Bumbu Bali Terenak - Telur bumbu bali

Video

Notes

Bumbu Bali dengan telur bulat rebus memang sangat nikmat sebagai santapan utama saat berkumpul dengan keluarga besar, apalagi bila sembari memainkan slot online, yang pastinya akan menjadi sumber penghasilan tambahan dari internet yang bisa Anda coba sekarang juga.
Keyword Bumbu Bali, Resep Bumbu Bali

Satu pemikiran pada “Resep Bumbu Bali: Cara Membuat Bumbu Bali Terenak”

Komentar ditutup.