Home » Resep » Resep Donat: Cara Membuat Donat

Resep Donat: Cara Membuat Donat

Resep Donat: Cara Membuat Donat – Meskipun Anda tidak memiliki keterampilan memasak yang luar biasa, Anda dapat membuat donat ragi yang mengembang sempurna di rumah—siapa pun bisa melakukannya! S

angat penting bahwa Anda memiliki banyak waktu yang tersedia untuk mendedikasikan diri untuk memanggang bersama mereka, karena mereka adalah proyek akhir pekan yang sangat baik.

Jika Anda berharap untuk sarapan, bangun lebih awal dan tidur siang setiap kali tempat tidur mengembang.

Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan adonan. Untuk memulai proses pembuatan donat, pertama-tama Anda harus memulai proses pembuatan ragi: larutkan gula ke dalam air hangat, lalu masukkan ragi. 5 menit setelah Anda mulai, itu akan berubah menjadi lapisan busa dan gelembung di atas air.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng: Cara Membuat Nasi Goreng Enak

Ketika Anda melihat aktivitas seperti ini, itu adalah tanda bahwa ragi Anda hidup dan adonan Anda akan mengembang.

Larutkan bahan lainnya, lalu gunakan tangan untuk mencampur semuanya, lalu uleni adonan hingga menjadi halus dan elastis.

Ketika sampai pada adonan, tekan sedikit ibu jari Anda ke dalam adonan untuk menguji apakah sudah siap. Dengan sekitar 5 detik tersisa dalam animasi, adonan akan memantul kembali hampir sepenuhnya.

Biarkan hingga mengembang. Agar adonan mengembang satu kali, adonan itu sendiri harus dibiarkan mengembang terlebih dahulu sebelum donat yang sudah dilubangi ditambahkan. Sementara kenaikan kedua sedang berlangsung, mulailah memanaskan minyak Anda dan membuat glasir Anda!

Apakah saya harus memiliki termometer? Itu betul. Karena donat hanya digoreng sebentar, Anda ingin memastikan minyak berada pada suhu yang dibutuhkan untuk memasak donat sambil menghindari gosong dan menghasilkan warna emas yang lezat.

Kami menemukan 350 ° menjadi suhu yang tepat (tidak ada permainan kata-kata). Selain itu, ingatlah bahwa suhu dapat berubah setelah donat pertama Anda dibuat, jadi Anda harus mengawasi termometer Anda dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Babi Paling Enak

Saya dalam masalah! Tidak ada pemotong donat yang saya miliki. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan! Namun, karena kami bekerja di dapur uji yang lengkap, kami dapat menemukannya, tetapi Anda tidak perlu mengantisipasinya (kecuali nama Anda Ina atau Martha).

Metode yang paling mudah untuk menggunakan biskuit atau pemotong kue 3″, serta yang kecil, adalah dengan menggunakan ujung yang lebih besar dari ujung perpipaan atau bahkan pensil 3″.

Dasar-dasar kaca. Sangat mudah untuk melapisi glasir dalam mangkuk besar dan lebar, bukan dalam mangkuk kecil atau sedang. Untuk menyelesaikan proses ini, pastikan untuk melapisi donat Anda saat masih hangat!

Dengan cara ini, itu akan tetap di tempatnya lebih baik, dan kemudian Anda bisa memakannya saat masih hangat. Setelah Anda mencelupkan donat ke dalam glasir, letakkan di rak pendingin di atas loyang. Biarkan kelebihan glasir menetes sehingga donat tidak terlalu berminyak.

Ini menghasilkan donat yang jauh lebih mudah dibersihkan dan diglasir yang rata di kedua sisinya. Tentu saja, jika mau, Anda bisa menambahkan taburan (atau keping cokelat, atau serpihan kelapa panggang, dll.) pada saat ini!

Karena sisa makanan hampir tidak pernah menjadi masalah, kami sangat merekomendasikan Strawberry Donut Shortcakes atau puding roti donat jika Anda ingin sesuatu untuk menggunakan sisa makanan.


Resep Donat: Cara Membuat Donat

Resep Donat Cara Membuat Donat

Resep Donat: Cara Membuat Donat

Lumbung Pangan Jatim
Resep Donat: Cara Membuat Donat – Meskipun Anda tidak memiliki keterampilan memasak yang luar biasa, Anda dapat membuat donat ragi yang mengembang sempurna di rumah—siapa pun bisa melakukannya!
5 dari 1 vote
Prep Time 30 mins
Cook Time 30 mins
Course Snack
Cuisine Indonesian
Servings 16 Orang
Calories 175 kcal

Ingredients
  

  • 1 gelas susu putih
  • 1 sdt gula pasir
  • 4 gelas tepung
  • 1 sdt vanilla
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt minyak sayur
  • 500 ml  minyak untuk menggoreng
  • 1 sdt baking powder
  • 4 butir  telur ayam kuningnya
  • 150 ml  air
  • 1 bungkus  ragi 

Instructions
 

  • Biarkan adonan duduk dan mengembang: Lelehkan susu, ragi, dan gula dalam mangkuk yang diletakkan di atas panci berisi air mendidih di atas kompor. Campur bahan bersama-sama dalam mangkuk mixer berdiri Anda dilengkapi dengan pengait adonan atau lampiran dayung. Diamkan adonan selama 5 menit sebelum digulung. Busa harus kecil, seukuran ujung pena setelah 5 menit pemanasan. Jika Anda sudah menyiapkan ragi, mulailah lagi dengan ragi baru.
  • Kocok telur, tambahkan mentega, vanili, pala, garam, dan 2 cangkir tepung, lalu aduk hingga rata. Tambahkan cangkir shortening dan kocok dengan kecepatan rendah selama 1 menit. Pastikan untuk mengikis sisi mangkuk sesekali dengan spatula karet. Lanjutkan menambahkan sisa tepung dan kocok dengan kecepatan sedang hingga adonan menyatu dan terlepas dari sisi mangkuk, sekitar 2 menit. Tergantung pada seberapa kering adonan, Anda mungkin perlu menambahkan hingga 1 sendok makan tepung sekaligus hingga adonan terlepas dari sisi mangkuk. Sedikit tepung bisa membantu. Untuk hasil terbaik, Anda ingin memasak adonan dengan tekstur yang sedikit lengket. * Sebagai alternatif, Anda dapat mencampur adonan ini dengan sendok kayu besar atau spatula karet jika Anda tidak memiliki mixer. Jangan lupa, Anda harus menggunakan beberapa otot lengan!
  • Uleni adonan: Simpan adonan di dalam mixer dan kocok selama 2 menit lagi, atau uleni dengan tangan di atas permukaan yang ditaburi sedikit tepung selama 2 menit.
  • Olesi mangkuk besar dengan minyak atau semprotan antilengket, lalu masukkan adonan ke dalam mangkuk. Gulung adonan dan letakkan di mangkuk, balikkan sehingga semua sisi terlapisi minyak. Tempatkan mangkuk tahan panas di atas panci berisi air mendidih, tutup mangkuk dengan aluminium foil, atau tutup mangkuk dengan handuk dapur bersih. Biarkan adonan mengembang di lingkungan yang hangat, tidak terlalu panas, selama 1,5-2 jam, atau hingga mengembang dua kali lipat.
  • Setelah adonan sempat mengembang, tekan adonan untuk mengeluarkan udara di dalamnya.
  • Dengan menggunakan permukaan yang telah ditaburi tepung dengan baik, keluarkan adonan dari mangkuk lalu uleni selama beberapa menit hingga menjadi kenyal dan elastis. Untuk melepaskan gelembung udara tambahan, ulangi proses meninju untuk membuat lubang yang lebih kecil. Setelah adonan digulung hingga setebal 1/2 inci, gunakan rolling pin untuk meratakannya. Dengan menggunakan pemotong donat berukuran 3 3,5 inci, potong 12 donat menjadi bentuk donat. Selama Anda tidak dapat memasukkan 12 ke dalam wadah, Anda dapat menggulung ulang dan memotong beberapa bagian.
  • Lapisi satu atau dua loyang dengan kertas roti atau alas kue silikon. Tambahkan beberapa donat dan lubang donat di setiap piring. Jika mau, Anda bisa menghilangkan lubang donat dari adonan. Biarkan menyebar longgar di atas panci. Selanjutnya panaskan minyak dengan api sedang. Mereka akan meningkat sedikit saat mereka beristirahat. Loyang tambahan diletakkan di atas rak pendingin.
  • Tuang minyak ke dalam panci tugas berat yang besar, nyalakan di atas api sedang, dan panaskan minyak sampai terbentuk kabut merah tua. Minyak harus dipanaskan hingga 375 ° F (191 ° C). Untuk hasil terbaik, tambahkan 2 hingga 3 donat ke dalam wajan dan masak selama 1 menit di setiap sisinya. Jika Anda menggunakan spatula logam atau sendok berlubang logam, keluarkan roti dengan hati-hati. Anda harus mengenakan sarung tangan pelindung dapur jika minyak memercik. Biarkan donat panggang benar-benar dingin sebelum meletakkannya di rak kawat. Kembalikan sisa donat ke api, lalu matikan api.
  • Campur dalam glasir: Dalam mangkuk besar, gabungkan semua bahan glasir. Dengan menggunakan alat pencelup, turunkan perlahan setiap donat hangat ke dalam glasir, pastikan kedua sisinya terlapisi. Kembalikan makanan penutup ke rak dan biarkan glasir berlebih menetes. Glasir akan menjadi keras dan siap digunakan setelah sekitar 20 menit.
  • Donat harus dimakan pada hari yang sama saat dibuat. Sayuran ini akan bertahan selama 1 hingga 2 hari ekstra jika disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar, atau di lemari es untuk waktu yang singkat.

Video

Notes

Sangat mudah untuk melapisi glasir dalam mangkuk besar dan lebar, bukan dalam mangkuk kecil atau sedang. Pada langkah selanjutnya, pastikan untuk mengolesi donat Anda saat masih hangat. Dengan cara ini, itu akan tetap di tempatnya lebih baik, dan kemudian Anda bisa memakannya saat masih hangat. Celupkan donat ke dalam glasir, lalu letakkan di rak pendingin yang diletakkan di atas loyang. Biarkan kelebihan glasir menetes saat donat masih hangat. Ini menghasilkan donat yang jauh lebih mudah dibersihkan dan diglasir yang rata di kedua sisinya. Ini adalah pilihan jika Anda mau! Jangan ragu untuk menambahkan taburan (atau keripik coklat, atau serpihan kelapa panggang, dll.) pada saat ini!
Keyword Donat, Resep Donat

Agar kegiatan membuat donat tidak terasa membosankan, Anda tentunya bisa sembari memainkan beragam permainan slot online di internet lewat perangkat smartphone maupun PC lewat browser. Dengan begitu, sembari membuat donat buatan sendiri yang enak rasanya, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa penghasilan tambahan, bukan?

Satu pemikiran pada “Resep Donat: Cara Membuat Donat”

Komentar ditutup.