Home » Resep » Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah – Buat ayam atau empanada pastel ala Indonesia yang luar biasa ini, yang dibungkus dengan puff pastry renyah dan diisi dengan isian gurih yang nikmat, dengan mengikuti resep di bawah ini. Bisa digoreng atau dibakar sesuai selera.

Di seluruh Indonesia, ayam pastel (jajanan pasar) adalah makanan ringan yang banyak dikonsumsi. Mereka biasanya diisi dengan bahan-bahan gurih dan dibungkus dengan adonan pastry mentega yang bersisik, meskipun ada juga variasi yang memiliki tekstur yang lebih mirip dengan kulit pie tradisional.

Namun, Anda bisa memanggang atau menggoreng ayam pastel sebagai alternatif sehat selain menggorengnya sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah.

Orang Filipina juga memiliki hidangan yang dikenal dengan chicken pastel, yang sangat berbeda dengan ayam pastel Indonesia, setidaknya dari segi tampilan. Pastel ayam lebih seperti pai ayam dalam tekstur dan rasa.


Cara Membuat Pastel Ayam Sendiri

1. Membuat Adonan Pastel

Sisihkan mentega dalam kubus kecil dan simpan dalam freezer selama sekitar 10 menit saat Anda selesai menyiapkan bahan lainnya.

  1. Dalam food processor, kocok tepung, garam, mentega potong dadu dingin, dan garam hingga tercampur rata.
  2. Pulse campuran beberapa kali sampai menyerupai remah-remah kasar, sekitar 30 detik.
  3. Lanjutkan berdenyut sambil perlahan-lahan membawa air dingin sampai remah-remahnya menyatu saat Anda mendorongnya dengan ujung jari Anda untuk membuat adonan.
  4. Buat adonan dengan menguleninya dengan tangan. Buat cakram dari itu dengan meratakannya. Tutup dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam freezer selama 30 menit agar mengeras.

2. Siapkan Isi Pastel

1 sendok makan minyak harus dipanaskan terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay selama sekitar 3 menit, atau sampai harum. Jika Anda menggunakan daging ayam mentah, masukkan ke dalam panci ini dan masak sampai potongannya buram.

  1. Campurkan wortel, kentang, dan jagung manis dalam mangkuk besar. Untuk memastikan semuanya tercampur dengan baik, aduk semuanya.
  2. Tutup dengan penutup dan biarkan uap untuk memasak kentang dan wortel, melunakkannya sebagai hasil dari cairan memasak.
  3. Buka tutupnya dan masukkan suwiran daging ayam (jika menggunakan), mie buncis, dan daun bawang cincang halus. Ganti tutupnya dan aduk rata.
  4. Masukkan tepung serbaguna sampai semua tercampur. Ini akan mempermudah membungkus isian di kemudian hari karena ini akan membantu isian untuk saling menempel lebih baik. Angkat panci dari api dan biarkan isinya benar-benar dingin sebelum membungkusnya.

3. Bungkus dan Bentuk Adonan Pastel

Potong adonan menjadi delapan bagian dengan ukuran yang sama. Simpan sisanya di lemari es. Bekerja dengan hanya satu bagian adonan pada satu waktu.

  1. Awalnya, adonan mungkin kaku dan sulit untuk dikerjakan. Saat Anda menanganinya dengan tangan Anda, panas dari tubuh Anda akan mulai melunakkannya. Uleni beberapa kali lagi dan gulung menjadi bentuk bola. Percayalah ketika saya mengatakan bahwa bekerja dengan adonan dingin akan membuat hidup Anda lebih mudah.
  2. Dengan rolling pin, gulung menjadi bentuk bulat atau oval 5 inci dengan tebal kira-kira 1/5 mm.
  3. Buat sedikit lekukan di tengah isian dan tekan ke bawah (tergantung seberapa besar yang Anda inginkan; jangan mengisinya terlalu banyak). Mencuci telur harus diterapkan di sekitar tepi.
  4. Lipat kertas menjadi dua hingga membentuk setengah lingkaran, lalu tekan ujungnya dengan ujung jari untuk menutupnya. Tekan ujung-ujungnya bersama-sama sampai sangat tipis.
  5. Untuk mengeriting tepi, lipat menjadi dua dan tekan ke bawah. Anda juga dapat menggunakan garpu untuk mencetak dan menyegel tepi jika Anda lebih suka metode itu. Lanjutkan dengan sisa isian dan adonan hingga semua bahan habis.

4. Saatnya Goreng Pastel Ayam

Panaskan sekitar 3 inci minyak goreng dengan api besar sampai berkilauan.

Kemudian, setelah minyak panas, kecilkan api menjadi sedang dan goreng satu pastel dengan hati-hati di atas api sedang sampai berwarna cokelat keemasan di satu sisi, sebelum membaliknya untuk memasak sampai berwarna cokelat keemasan di sisi lainnya. Ulangi dengan sisa pastel. Awasi suhunya karena kami tidak ingin pastelnya gosong.


5. Bila Anda Memutuskan Untuk Membakar Adonan Pastel

Panaskan oven hingga 375 derajat Fahrenheit. Menempatkan pastel di atas loyang yang dilapisi kertas roti akan membantunya tetap di tempatnya.

Kemudian panggang selama 10-15 menit sampai berwarna cokelat keemasan, balikkan dan semprot sisi lainnya dengan kocokan telur, dan panggang lagi selama 10-15 menit hingga berwarna cokelat keemasan, hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan.


6. Sajikan Pastel Ayam Buatan Sendiri

Paling enak dimakan saat masih hangat. Di Thailand, kami memakannya dengan cabe rawit (cabai Thailand), tetapi Anda dapat menyajikannya dengan saus cabai favorit Anda atau saus cabai manis jika diinginkan.


Tips Membuat Pastel Ayam Terenak

1. Pastikan mentega sudah dingin. Membuat kue kering Anda renyah dan renyah akan membantunya mengembang lebih baik.

2. Kerjakan dengan adonan yang sudah dingin. Akibatnya, hidup Anda akan lebih mudah, dan adonan akan lebih mudah digulung dan tidak mudah sobek.

3. Gilas adonan tipis-tipis, tetapi jangan terlalu tipis sehingga mudah sobek saat Anda mengisinya dengan isian; ini penting.

4. Goreng pastel dengan api sedang, bukan api besar, atau bagian luarnya akan gosong sebelum bagian tengahnya matang.


Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Ayam

Lumbung Pangan Jatim
Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah – Buat ayam atau empanada pastel ala Indonesia yang luar biasa ini, yang dibungkus dengan puff pastry renyah dan diisi dengan isian gurih yang nikmat, dengan mengikuti resep di bawah ini. Bisa digoreng atau dibakar sesuai selera.
5 dari 1 vote
Prep Time 30 mins
Cook Time 30 mins
Course Snack
Cuisine Indonesian
Servings 15 Porsi
Calories 235 kcal

Equipment

  • Teflon
  • Kompor

Ingredients
  

Bahan Utama Pastel Ayam

  • 400 gram tepung terigu protein rendah
  • 2 butir telur ambil putihnya saja
  • ½ sdt garam
  • 150 gram margarin
  • 100 ml air es

Isi Pastel

  • 150 gram wortel potong dadu, kecil-kecil
  • 1 batang seledri iris halus
  • 8 siung bawang putih
  • ½ sdt pala bubuk
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 300 gram daging ayam iris halus
  • 1 sdm tepung maizena utkan dengan 4 sdm air
  • 1 buah kentang rebus potong dadu, kecil-kecil
  • 2 butir telur ayam rebus dan cincang kasar
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 1 sdm Kaldu Ayam
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml air putih bersih yang sudah matang

Instructions
 

Siapkan Isi Pastel

  • 1 sendok makan minyak harus dipanaskan terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay selama sekitar 3 menit, atau sampai harum. Jika Anda menggunakan daging ayam mentah, masukkan ke dalam panci ini dan masak sampai potongannya buram. Campurkan wortel, kentang, dan jagung manis dalam mangkuk besar. Untuk memastikan semuanya tercampur dengan baik, aduk semuanya. Tutup dengan penutup dan biarkan uap untuk memasak kentang dan wortel, melunakkannya sebagai hasil dari cairan memasak. Buka tutupnya dan masukkan suwiran daging ayam (jika menggunakan), mie buncis, dan daun bawang cincang halus. Ganti tutupnya dan aduk rata. Bumbui dengan merica dan garam secukupnya, dan sesuaikan bumbu sesuai keinginan Anda. Lanjutkan memasak hingga mie empuk.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah
  • Masukkan tepung serbaguna sampai semua tercampur. Ini akan mempermudah membungkus isian di kemudian hari karena ini akan membantu isian untuk saling menempel lebih baik. Angkat panci dari api dan biarkan isinya benar-benar dingin sebelum membungkusnya.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Siapkan adonan puff pastry

  • Untuk adonan puff pastry yang sudah jadi, cukup ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan puff pastry yang Anda beli. Kemungkinan besar, Anda ingin membiarkan kue puff pada suhu kamar selama beberapa menit agar sedikit melunak sebelum menggulung dan memotongnya menjadi bentuk.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah
  • Untuk menggulung lembaran puff pastry, pertama-tama buka gulungannya lalu gulung lagi dengan rolling pin dengan ketebalan sekitar 1,5 mm. Untuk memotong adonan, gunakan pemotong bundar dengan diameter sekitar 4-5 inci. Ambil semua sisa adonan dan gulung lagi, kali ini potong lebih banyak bentuk. Lanjutkan untuk membungkus dan membentuk item.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah
  • Potong mentega menjadi kubus kecil dan simpan di dalam freezer selama sekitar 10 menit saat Anda selesai menyiapkan bahan lainnya.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah
  • 4600 / 5000Translation resultsSiapkan isian (ini bisa dilakukan beberapa hari sebelumnya) dengan melakukan hal berikut:1 sendok makan minyak harus dipanaskan terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay selama sekitar 3 menit, atau sampai harum. Jika Anda menggunakan daging ayam mentah, masukkan ke dalam panci ini dan masak sampai potongannya buram. Campurkan wortel, kentang, dan jagung manis dalam mangkuk besar. Untuk memastikan semuanya tercampur dengan baik, aduk semuanya. Tutup dengan penutup dan biarkan uap untuk memasak kentang dan wortel, melunakkannya sebagai hasil dari cairan memasak. Buka tutupnya dan masukkan suwiran daging ayam (jika menggunakan), mie buncis, dan daun bawang cincang halus. Ganti tutupnya dan aduk rata. Bumbui dengan merica dan garam secukupnya, dan sesuaikan bumbu sesuai keinginan Anda. Lanjutkan memasak hingga mie empuk.Masukkan tepung serbaguna sampai semua tercampur. Ini akan mempermudah membungkus isian di kemudian hari karena ini akan membantu isian untuk saling menempel lebih baik. Angkat panci dari api dan biarkan isinya benar-benar dingin sebelum membungkusnya.Untuk adonan puff pastry yang sudah jadi, cukup ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan puff pastry yang Anda beli. Kemungkinan besar, Anda ingin membiarkan kue puff pada suhu kamar selama beberapa menit agar sedikit melunak sebelum menggulung dan memotongnya menjadi bentuk.Untuk menggulung lembaran puff pastry, pertama-tama buka gulungannya lalu gulung lagi dengan rolling pin dengan ketebalan sekitar 1,5 mm. Untuk memotong adonan, gunakan pemotong bundar dengan diameter sekitar 4-5 inci. Ambil semua sisa adonan dan gulung lagi, kali ini potong lebih banyak bentuk. Lanjutkan untuk membungkus dan membentuk item.Siapkan adonan puff pastry dengan melakukan hal berikut:Potong mentega menjadi kubus kecil dan simpan di dalam freezer selama sekitar 10 menit saat Anda selesai menyiapkan bahan lainnya.Dalam food processor, kocok tepung, garam, mentega potong dadu dingin, dan garam hingga tercampur rata. Pulse campuran beberapa kali sampai menyerupai remah-remah kasar, sekitar 30 detik. Jika Anda tidak memiliki pengolah makanan, Anda bisa memotong mentega dingin ke dalam campuran tepung dengan pemotong kue. Lanjutkan berdenyut sambil perlahan-lahan membawa air dingin sampai remah-remahnya menyatu saat Anda mendorongnya dengan ujung jari Anda untuk membuat adonan. Buat adonan dengan menguleninya dengan tangan. Buat cakram dari itu dengan meratakannya. Tutup dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam freezer selama 30 menit agar mengeras.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah
  • Potong adonan menjadi delapan bagian dengan ukuran yang sama. Simpan sisanya di lemari es. Bekerja dengan hanya satu bagian adonan pada satu waktu. Awalnya, adonan mungkin kaku dan sulit untuk dikerjakan. Saat Anda menanganinya dengan tangan Anda, panas dari tubuh Anda akan mulai melunakkannya. Gulung adonan menjadi bentuk bulat atau oval sekitar 5 inci setelah menguleni beberapa kali dan membentuknya menjadi bola. Lanjutkan untuk membungkus dan membentuk item.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Bungkus dan bentuk pastel dengan cara berikut:

  • Tempatkan kira-kira 1 sendok makan isian atau lebih (tergantung seberapa besar yang Anda inginkan; jangan mengisinya terlalu banyak) di tengah potongan. Mencuci telur harus diterapkan di sekitar tepi. Lipat kertas menjadi dua hingga membentuk setengah lingkaran, lalu tekan ujungnya dengan ujung jari untuk menutupnya. Tekan ujung-ujungnya bersama-sama sampai sangat tipis, lalu lipat dan tekan lagi untuk mengeriting ujungnya. Anda juga dapat menggunakan garpu untuk mencetak dan menyegel tepi jika Anda lebih suka metode itu. Lanjutkan dengan sisa isian dan adonan hingga semua bahan habis.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Goreng pastel dalam wajan:

  • Panaskan sekitar 3 inci minyak goreng dengan api besar sampai berkilauan. Kemudian, setelah minyak panas, kecilkan api menjadi sedang dan goreng satu pastel dengan hati-hati di atas api sedang sampai berwarna cokelat keemasan di satu sisi, sebelum membaliknya untuk memasak sampai berwarna cokelat keemasan di sisi lainnya. Ulangi dengan sisa pastel. Awasi suhunya karena kami tidak ingin pastelnya gosong.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah
  • Angkat dengan sendok berlubang dan letakkan di atas handuk kertas penyerap sebelum mengulangi prosesnya dengan bahan yang tersisa.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Pastel harus dipanggang dengan cara berikut:

  • Jika Anda memutuskan untuk memanggang, panaskan oven hingga 375 derajat Fahrenheit. Menempatkan pastel di atas loyang yang dilapisi kertas roti akan membantunya tetap di tempatnya. Kemudian panggang selama 10-15 menit sampai berwarna cokelat keemasan, balikkan dan semprot sisi lainnya dengan kocokan telur, dan panggang lagi selama 10-15 menit hingga berwarna cokelat keemasan, hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Sajikan pastel dengan cara berikut:

  • Aduk pastel dengan saus cabai pilihan Anda sebelum disajikan.
    Resep Pastel Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah

Video

Notes

Membuat pastel ayam sendiri dengan resep pastel ayam ini ternyata sangat mudah, bukan? Apalagi bahan baku utamanya termasuk mudah untuk disiapkan. Anda bisa memvariasikannya dengan campuran sayur potong dan daging lain. Yang pasti, rasa pastel buatan sendiri akan terasa sangat nikmat bila sembari memainkan slot online lewat layar smartphone Anda. Juga, bisa sekaligus menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama PPKM darurat ini karena permainan judi online pada dasarnya bisa menguntungkan oleh siapapun yang ingin mendapatkan uang dari internet. Selamat mencoba!
Keyword Pastel Ayam, Resep Pastel, Resep Pastel Ayam

Satu pemikiran pada “Resep Pastel: Cara Membuat Pastel Sendiri di Rumah”

Komentar ditutup.