Home » Resep » Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah – Pelajari cara membuat stik ikan goreng ala Indonesia, yang dipadukan dengan saus asam pedas (saus cuko) yang menggugah selera. Tersedia pempek goreng, serta pempek goreng udara untuk pilihan yang lebih bergizi.

Tentang Pempek / Mpek Mpek / Empek Empek Palembang 

Palembang adalah sebuah kota di provinsi Sulawesi, Indonesia. Pempek diyakini berasal dari daerah ini.

Karena letak geografisnya dan beragamnya makanan laut yang tersedia, Palembang terkenal dengan makanan lautnya yang khas.

Ada berbagai jenis pempek, dan favorit pribadi saya adalah pempek ikan. Pempek sering disiapkan dengan cara direbus terlebih dahulu lalu digoreng.

Saus pedas ringan, serta saus manis dan tajam, akan disiram di atas daging sebelum dipotong-potong dan disajikan. Alih-alih menggorengnya, saya menggorengnya dengan udara atau menggorengnya, dan hasilnya tetap enak.

Alasan Mengapa Anda Akan Menikmati Resep Pempek Ikan Khas Palembang Ini:

Sepanjang tahun, saya telah bereksperimen dengan berbagai resep pempek ikan. Saya sudah banyak pempek ikan yang keras, kenyal, dan kurang rasa. Pempek di depan saya tidak seperti biasanya. Resep ini adalah favorit saya sejauh ini karena:

  1. Ini menghasilkan keseimbangan yang baik antara jumlah ikan dan jumlah tepung tapioka yang digunakan.
  2. Pempek tidak kenyal dan kenyal seperti dulu.
  3. Anda tidak perlu menggunakan ikan bulu (ikan belida) atau makarel (ikan tenggiri) untuk membuat pempek ikan, meskipun lebih baik jika Anda dapat memperoleh salah satu dari ikan ini, yang sulit didapat di tempat tinggal saya.

Pempek dapat dibentuk menjadi bentuk apa pun yang Anda inginkan menggunakan imajinasi Anda. Saya memproduksi pempek lenjer (yang bentuknya seperti kayu bulat/silinder) dan pempek kapal selam (yang bentuknya seperti silinder) (isinya isi telur di dalamnya).


Bahan-bahan Utama Pempek Ikan Khas Palembang

1. Ikan Segar

Tidak seperti jenis ikan lainnya, seperti ikan bulu atau makarel, pempek ikan tidak menggunakan keduanya. Ya, rasanya lebih enak dengan itu, tetapi jika Anda tidak tinggal di Asia atau di suatu tempat di mana makanan laut berlimpah, mungkin sulit didapat.

Saya membuat pempek ini dengan bahan utama fillet ikan nila (ikan nila) dan ikan cod. Sejujurnya, Anda dapat menggunakan ikan apa pun yang Anda inginkan; pastikan itu adalah ikan “ramping” sebelum memasaknya.

Saya sangat menyarankan Anda menggunakan ikan segar daripada beku. Pempek ikan yang halus tidak akan diproduksi dengan menggunakan ikan beku.

2. Tepung Tapioka

Teksturnya yang “bouncy” dan sedikit kenyal merupakan hasil dari penggunaan tepung tapioka. Di Hokkian, kami suka menyebutnya sebagai “QQ.”

3. Tepung Serbaguna

Sebagian besar resep pempek hanya menggunakan tepung tapioka (dan banyak juga, yang membuatnya terlalu kenyal). Penambahan tepung serbaguna adalah sentuhan yang bagus.

4. Bumbu Dapur: Garam, Gula, dan Kaldu Ayam

Untuk membuat pempek Anda lebih enak, ketiga bahan ini sangat penting. Daripada menggunakan kaldu ayam, saya lebih suka menggunakan Better-than-Bouillon.

5. Telur

Telur adalah nomor lima dalam daftar bahan baku pempek Palembang ini. Terserah Anda apakah Anda ingin mengisi pempek dengan telur atau tidak. Saya menyiapkan beberapa dengan telur di dalamnya dan beberapa yang hanya vanilla biasa.


Bahan Saus Cuko: Saus Pempek Palembang

Anda tidak dapat memiliki pempek Palembang tanpa saus cuko di sampingnya. Saus cuko ini enak karena rasanya yang manis, pedas, dan asam. Itu terdiri dari bahan-bahan berikut:

1. Gula Tebu (Gula Aren/Gula Jawa)

Jika Anda tidak dapat menemukan gula aren, gula kelapa dapat diganti dengan sukses. Jika Anda tidak dapat menemukan gula kelapa, gula merah tua akan menjadi pilihan pengganti.

2. Asam Jawa

Asam Jawa adalah buah asam yang berkontribusi terhadap rasa asam pada kuahnya.

3. Cuka

Saya menggunakan cuka suling putih polos yang tidak diberi rasa.

4. Penggunaan Bawang Putih

Saya sarankan Anda menggunakan bawang putih segar daripada bawang putih yang sudah dicincang sebelumnya yang dikemas dalam stoples.

5. Cabai Thailand Dalam Bentuk Hijau

Jika Anda tidak ingin pedas atau terlalu pedas, Anda bisa meninggalkannya atau mengurangi jumlahnya.


Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek

Lumbung Pangan Jatim
Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah – Pelajari cara membuat stik ikan goreng ala Indonesia, yang dipadukan dengan saus asam pedas (saus cuko) yang menggugah selera. Tersedia pempek goreng, serta pempek goreng udara untuk pilihan yang lebih bergizi.
5 dari 1 vote
Prep Time 30 mins
Cook Time 1 hr
Course Soup
Cuisine Indonesian
Servings 4 Porsi
Calories 39 kcal

Equipment

  • Kompor
  • Teflon

Ingredients
  

Bahan Utama Pempek Palembang

  • 200 gram tepung tapioka
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 4 butir kuning telur ayam

Adonan Pempek Palembang

  • 500 gram filet ikan tenggiri haluskan
  • 30 gram tepung terigu
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 400 gram tepung tapioka
  • 1 sdm Kaldu Ayam
  • 220 ml air es

Saus Cuko

  • 500 ml air
  • 6 sdm Kecap Manis
  • 30 gram asam jawa
  • 7 buah cabai rawit haluskan
  • 250 gram gula merah
  • 2 sdm cuka masak
  • 1 sdt garam
  • 5 siung bawang putih haluskan

Pelengkap

  • 1 buah mentimun potong segitiga tipis
  • 100 gram mi telur rebus lalu tiriskan

Instructions
 

Cara Membuat Saus Cuko Pempek Palembang

  • Dalam panci besar, gabungkan gula, garam, air, cuka, dan pasta asam dan didihkan dengan api besar. Masak sampai gula benar-benar larut. Dengan menggunakan saringan, saring campuran. Didihkan kembali panci dan didihkan selama satu menit lagi setelah menambahkan bawang putih dan cabai. Saus cuko adalah hidangan asam, manis, dan pedas.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Siapkan Adonan Pempek

  • Porsi kecil ikan harus dipotong dari ikan utuh. Bekukan selama sekitar 40 menit di dalam freezer. Mereka harus sedikit dibekukan sebelum digunakan. Campurkan dengan garam, gula, dan bubuk ayam dalam blender sampai halus. Buat pasta halus dengan mencampurkan bahan-bahannya.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah
  • Keluarkan campuran dari food processor dan tempatkan dalam mangkuk besar. Campurkan tepung tapioka dan tepung serbaguna dalam mangkuk. Uleni adonan sampai hanya sedikit lengket saat disentuh, tetapi tidak terlalu lengket saat disentuh. Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung serbaguna, tapi jangan terlalu banyak.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Cicipi Rasanya

  • Siapkan panci besar berisi air dengan merebusnya. Rebus sedikit adonan pempek dan sedikit air hingga adonan benar-benar matang. Ambil bau itu. Jika Anda yakin adonan membutuhkan tambahan garam atau gula, tambahkan ke adonan dan uji lagi sampai Anda puas dengan rasanya.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Mulai Bentuk Adonan Pempek

  • Bentuk apa pun yang ingin Anda berikan kepada pempek sepenuhnya terserah Anda. Untuk membuat pempek lenjer, Anda bisa membentuknya menjadi balok, pempek gepeng, atau pempek kapal selam (biasanya dengan isian telur di dalamnya). Alih-alih menaburkan lebih banyak tepung selama proses pembentukan, saya mengusulkan untuk mengoleskan minyak ke telapak tangan Anda. Jumlah tepung yang Anda gunakan akan menentukan seberapa keras pempek tersebut.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah
  • Untuk mengisi pempek dengan telur, pecahkan dua telur ke dalam wadah dengan cerat dan sisihkan (untuk memudahkan hidup Anda). Dengan menggunakan garpu atau pengocok, kocok telur dengan ringan. Adonan pempek harus dibentuk menjadi seperti mangkuk, lalu tuangkan sebagian telur kocok dengan hati-hati. Usahakan jangan terlalu banyak mengisi adonan (setidaknya tidak pada percobaan pertama), atau Anda akan kesulitan menyegel adonan bersama-sama setelah kering. Setelah itu, dengan hati-hati mendempul tepi di tempatnya. Pempek akan mengambil bentuk kapal selam dalam kekasaran (kapal selam).
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Rebus Adonan Pempek

  • Untuk merebus kembali panci besar berisi air yang Anda mulai sebelumnya, didihkan kembali. Masukkan pempek ke dalam air panas dengan hati-hati setelah dicetak. Jangan mengeluarkannya dari air sampai muncul ke permukaan. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka telah naik ke permukaan air, mereka biasanya tidak sepenuhnya matang (saya telah belajar pelajaran saya). Ini juga bervariasi tergantung pada ukuran pempek. Anda harus mengambil satu dan memotongnya untuk melihat apakah bagian dalamnya sudah matang.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah
  • Biarkan pempek hingga benar-benar dingin sebelum melanjutkan menggoreng.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Siapkan Penyajian Pempek Palembang

  • Panaskan sekitar 2-3 inci minyak dalam panci berat di atas kompor. Segera setelah minyak panas, kecilkan api menjadi sedang-rendah. Goreng pempek sampai berwarna cokelat keemasan setelah disiapkan. Pastikan pot tidak terlalu penuh. Disarankan untuk melepas item dan meletakkannya di atas handuk kertas penyerap.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah
  • Anda juga dapat menggunakan penggorengan udara untuk memasak makanan Anda. Saya melapisi pempek dengan sedikit minyak sebelum memasukkannya ke dalam keranjang penggorengan udara dan menggorengnya pada suhu 350 derajat Fahrenheit (180 derajat Celcius) selama sekitar 5 menit, atau sampai warnanya agak cokelat keemasan. Waktu hanyalah pedoman; waktu sebenarnya akan bervariasi tergantung pada alat penggoreng udara Anda. Meskipun mereka tidak akan memiliki kecokelatan yang sama seperti jika digoreng, bagian luarnya yang renyah harus tetap ada. Ini akan diselesaikan dalam banyak batch.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Siapkan dan Sajikan Pempek Palembang

  • Kurangi ukuran pempek dengan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Kubus mentimun segar harus ditambahkan. Anda bisa membuatnya menjadi makan malam yang lengkap dengan menambahkan mie kuning matang atau mie kacang hijau (soun), taburi saus cuko dan sajikan segera.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah

Video

Notes

Pempek, makanan khas Palembang, Sumatera Selatan, sangat populer di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Makanan yang satu ini memang punya ciri khas dan cita rasa tersendiri, apalagi bila Anda berhasil membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep pempek Palembang yang ada di artikel ini. Dan yang pasti, akan semakin nikmat lagi saat menyantapnya bila Anda sembari memainkan slot online lewat layar smartphone atau komputer Anda selama berada di rumah, karena bisa menguntungkan dan secara umum game judi online bisa Anda manfaatkan dan maksimalkan untuk dijadikan sumber pendatan tambahan dari internet selama masa-masa sulit seperti ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Keyword Pempek Palembang, Resep Pempek, Resep Pempek Palembang

Satu pemikiran pada “Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Enak dan Renyah”

Komentar ditutup.